Pembagian Ilmu Desain

jenis-jenis desain jenis desain grafis contoh desain prinsip desain pengertian desain menurut para ahli pengertian desain produk pola desain adalah pengertian desain menurut para ahli


 

Pemahaman desain ialah aktivitas inovatif untuk berencana dan membuat suatu hal yang biasanya fungsional dan tidak ada awalnya dalam rencana menuntaskan satu permasalahan tertentu supaya mempunyai nilai plus dan jadi lebih berguna untuk pemakainya.


Pengakuan itu diperkokoh oleh salah satunya ahli desain JB Reswick (dalam Pilliang, 2008, hlm. 384) yang memiliki pendapat jika desain ialah aktivitas inovatif yang mengikutsertakan pembuatan suatu hal yang baru dan bermanfaat yang tidak ada awalnya.


Tetapi pemahaman desain bukan hanya sesimpel itu, karena desain tercipta dari beragam kerangka pembentuknya. Dimulai dari pengertian kamus, arah, peranan bahkan juga ke factor ekstrinsik lain seperti akseptasinya dengan cara sosial.


Karena itu seharusnya kita mencari satu-satu pemahaman desain berdasar elemen pembentuknya, diawali dari pemahaman yang paling fundamental, yakni dari arti kata-nya sendiri atau secara leksikal (pengertian kamus bahasa).


Pemahaman Desain berdasar Arti Kata


Kata "desain" ialah kata baru yang indonesiakan dari bahasa inggris: desain. Sebenarnya kata "rancang" atau "membuat" ialah terjemahan yang bisa dipakai. Tetapi pada perubahannya kata "desain" geser arti kata "rancang" karena kata itu tidak bisa menampung aktivitas, keilmuan, keluasaan dan karisma karier atau kapabilitas Pendesain ( Sachari, 2000).


Lewat pengkajian etimologi, dijumpai jika Desain datang dari bahasa latin yakni: designare yang memiliki arti: membuat, membuat, mengidentifikasi, menunjuk. Pemahaman Desain sendiri dalam Kamus Oxford ialah Gagasan atau gambar yang dibikin untuk menunjukkan penampilan dan peranan dari bangunan, baju, atau object yang lain saat sebelum betul-betul dibikin. Disamping itu, oxford memberikan pilihan pengertian lain untuk desain, yakni: "corak dekorasi".


Dalam pada itu saat diserap dan dipakai oleh Bahasa Indonesia, berdasar KBBI arti Desain jadi: 1. rangka bentuk; perancangan, 2. pola; pola; corak.


Karena itu bisa diambil kesimpulan jika pemahaman desain ialah rencana dan perancangan untuk membikin satu benda, baik dari sisi penampilan atau perannya. Desain dapat memiliki arti benda atau gambar/grafis dari hasil aktivitas desain tersebut.


Rupanya, desain sendiri bisa memiliki arti benda atau gambar yang dibuatnya sendiri, tidak cuma prosesnya. Disamping itu, rupanya suatu hal yang dibuat oleh desain dapat berbentuk gambar/skema/corak, tidak cuma benda. Karena itu harus kita susuri, sebenarnya apa yang bisa dibuat oleh desain.


Cabang Pengetahuan Desain


Desain bisa hasilkan macam produk dimulai dari benda fisik atau benda gunakan seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, kriya, dll. Bertentangan dengan beragam benda itu, desain dipakai untuk membikin hal yang lebih mental seperti hasilkan kenyamanan visual pada penampilan antar-muka web, program handphone, dll. Arsitektur dan interiornya bisa menjadi produk dari hasil proses desain.


Karena macam hasilnya yang paling luas, karena itu desain bisa di turunkan ke sejumlah cabang ilmunya masing-masing. Berikut pembagian beberapa cabang pengetahuan desain itu:


- Desain Grafis (Desain Komunikasi Visual)

Ialah cabang pengetahuan desain yang memprioritaskan komunikasi visual yang dibuatnya. Desain Grafis harus hasilkan komunikasi yang memberi kenyamanan inderawi dan terhantarkan secara baik pada massa.


- Desain Produk (Industrial Design)

Berlainan dengan desain grafis, desain produk konsentrasi pada fungsionalitas benda gunakan yang hendak dibuat secara industri. Selainnya peranan dan keelokan produknya, fokus ini menuntut seorang pendesain untuk memerhatikan ergonomi atau kenyamanan fisik pada benda gunakan yang dibuat.


- Desain Interior

Desain interior fokus pada perancangan interior satu ruangan dalam bangunan. Furniture apa yang perlu disiapkan pada sebuah ruang, bagaimana tata terletak, dll. Desain interior harus sanggup mengefisiensikan pemakaian ruangan yang sudah dibuat oleh desian arsitektur.


- Desain Arsitektur

Cabang pengetahuan desain yang terpusat pada perancangan bangunan. Karena kebanyakan tersangkut hal tehnis bangunan, karena itu umumnya disiplin pengetahuan ini umumnya tidak membawai embel-embel desain di depannya.


Lewat pembagian fokus itu pengetahuan desain jadi lebih terukur dan konsentrasi. Pembagian cabang pengetahuan desain itu jawab pertanyaan berkenaan apa yang bisa dibuat oleh desain. Sesudah pahami beberapa jenis Desain, tahapan setelah itu mengeruk pemahaman desain lewat arah dan perannya.


Pemahaman Desain berdasar Arah dan Peranan


Pada umumnya ada banyak arah yang perlu diraih oleh desain yang bagus. Sebenarnya arah itu benar-benar bergantung pada desain apa yang ingin dibuat, misalkan desain produk mempunyai arah yang lebih detil. Tetapi ada banyak arah umum yang meliputi semua cabang desain, arah-tujuan itu ialah:

  1. Terwujudnya fungsionalitas yang efisien dan efektif
  2. Sebagai identitas (brand)
  3. Jaga benda yang hendak dibikin (quality control)
  4. Kenyamanan Inderawi: penampilan yang estetis
  5. Menambahkan nilai benda yang hendak direncanakan
  6. Capai kenyamanan fisik (ergonomis)
  7. Memberi nilai dan arti yang ingin dikatakan
  8. Sampaikan ide yang ingin dikatakan


Lantas bagaimanakah triknya untuk capai arah itu? Tentu saja dengan lakukan praktek desain yang bagus. Kita harus juga ketahui beberapa faktor yang berada di dalam desain itu sendiri; factor intrinsik. Langkah awalnya ialah pelajari beberapa unsur yang ada di dalam desain dan mengaplikasikan beberapa prinsip yang bisa jadi dasar kebenaran secara visual.


Beberapa unsur Desain

Elemen desain ialah unit paling kecil yang membuat kesatuan satu desain. Beragam elemen desain mencakup: titik, garis, sektor, ruangan, gelap-terang, wujud, dan lain-lain. Elemen ini penting untuk dipahami supaya kita mengetahui tiap sisi yang bisa diakali atau direka untuk meningkatkan desain jadi lebih efisien ataupun lebih cantik. Secara lengkap, berkenaan beberapa unsur desain dan bagaimanakah cara memprosesnya bisa dibaca di: Unsur-Unsur Seni Rupa dan Desain.


Beberapa prinsip Desain

Konsep atau azas desain ialah beragam pegangan kebenaran yang bisa diterapkan pada beberapa unsur desain, supaya desain terlihat lebih cantik dan estetis. Program konsep desain mencakup bagaimana kita jaga atau merekayasa: kesetimbangan, kontras, perulangan, kombinasi warna, dll pada desain yang kita rancang. Beragam beberapa prinsip itu bisa didalami di: Beberapa prinsip seni rupa dan desain.


Disamping itu elemen dan konsep desain dirangkai jadi modul praktikum dengan hirarki yang lebih terancang jadi Nirmana yang terbagi dalam Nirmana 2D dan Nirmana 3D.


Tetapi tidak berarti semua masalah desain bisa usai cukup dengan ikuti factor intrinsik yang sudah diterangkan di atas. Pemahaman desain dapat semakin makin tambah meluas berdasar factor ekstrinsiknya.


Bila menyaksikan dari inti desain yang selalu mengatakan hasil produknya, karena itu desain tidak bisa stop di atas kertas. Desain sebagai kegiatan ringkas yang hendak diedarkan ke warga. Karena itu dengan cara alamiah desain akan bergesekan dengan beberapa unsur ekonomi, sosial, tehnologi dan budaya dengan beragam dinamikanya.


Karena itu desain yang bagus harus juga sesuai keperluan warga. Selain itu akseptasi warga itu ke satu desain sebaiknya krisis, tanpa apresiator yang krisis tidak akan terjadi perkembangan desain yang sehat. Dengan demikian desain bukan pengetahuan yang bisa berdiri dengan sendiri, sebenarnya desain ialah lintasi disiplin pengetahuan, minimal di antara Seni, Sains, Tehnologi dan Sosiologi.


Seperti disampaikan oleh Sachari dan Sunarya ( 2001, hlm. 10) jika "Desain ialah terjemahan fisik berkenaan faktor sosial, ekonomi, dan tata hidup manusia, dan sebagai cerminan budaya jamannya. Desain adalah realisasi kebudayaan yang berbentuk, desain ialah produk dari nilai-nilai yang berjalan pada periode waktu tertentu."


Pemahaman Desain Menurut Beberapa Pakar

Untuk lengkapi penelusuran arti yang sudah kita ambil dari beragam segi berkenaan pemahaman desain, seharusnya kita memperbandingkan beragam penemuan itu dengan pendapat-pendapat beberapa pakar. Berikut ialah pengertian-pengertian desain menurut beberapa pakar.


Dudy Wiyancoko

Menurut Dudy Wiyancoko, pemahaman desain ialah segalanya yang terkait dengan pembikinan ide, analitis data, proyek rencana, drawing/ rendering, biaya calculation, prototyping, frame testing, dan tes riding.


Sachari dan Sunarya

Desain ialah terjemahan fisik berkenaan faktor sosial, ekonomi, dan tata hidup manusia, dan sebagai cerminan budaya jamannya. Desain adalah realisasi kebudayaan yang berbentuk, desain ialah produk dari nilai-nilai yang berjalan pada periode waktu tertentu ( Sachari dan Sunarya, 2001, hlm. 10).


Soekarno dan Lanawati Basuki

Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki, pemahaman desain ialah satu skema perancangan sebagai dasar pembikinan satu benda, misalkan baju.


Coirul Amin

Menurut Coirul Amin, makna desain ialah satu rangka wujud, perancangan, pola, skema, dan corak, yang diterapkan pada sesuatu object.


JB Reswick

Pemahaman desain menurut JB Reswick ialah: aktivitas inovatif yang mengikutsertakan pembuatan suatu hal yang baru dan bermanfaat yang tidak ada awalnya. Selanjutnya Yasraf menerangkan, dengan demikan desain sebagai aktivitas kreatif-progresif lewat produk, yang produk pada akhirnya ialah kebaruan dan ketidaksamaan. (dalam Pilliang, 2008, hlm. 384).


Page

Menurut Page desain diartikan sebagai lompatan imajinatif dari realita saat ini ke arah peluang masa datang. (Jones, 1980, hlm. 2).


Bruce Nussbaum

Menurut Bruce Nussbaum, pengertian desain ialah sarana pembantu untuk melakukan pengembangan pada beragam aktivitas industri dan usaha.


Simpulan

Desain ialah aktivitas inovatif yang membuat gagasan dan perancangan untuk satu benda, gambar atau object yang lain saat sebelum diwujudkan jadi riil supaya mempunyai nilai plus, kenyamanan yang lebih bagus dan diterima oleh pemakainya. Tidak stop di sana saja, desain ialah gambar untuk berencana satu wujud, peranan atau rancang keseluruhnya benda atau media non fisik seperti penampilan program dan web. Desain ialah skema perancangan sebagai dasar pembikinan satu benda bikinan. Desain sebagai satu gagasan yang terbagi dalam beberapa elemen untuk merealisasikan satu hasil yang riil.

For commercial use please URL to the page Pembagian Ilmu Desain.
LihatTutupKomentar